Ketika kamu menyalakan laptop dan secara tiba-tiba selalu langsung masuk BIOS pasti bertanya-tanya, ada yang terjadi dengan laptop tersebut.

Akibatnya, booting laptop jadi tidak normal. Laptop tidak bisa masuk ke Windows.

Berikut beberapa penyebab laptop langsung masuk BIOS, yaitu:

  • Keyboard rusak: Kasus ini terjadi jika salah satu tombol laptop agar bisa masuk BIOS tertekan secara terus-menerus atau rusak. Akibatnya, laptop akan langsung masuk ke BIOS
  • Media penyimpanan bermasalah: Media penyimpanan laptop seperti HDD atau SSD tidak terbaca.
  • Pengaturan BIOS salah: Kesalahan pengaturan BIOS bisa juga menjadi masalah. Di BIOS, ada beberapa pengaturan booting. Jika salah setting, maka akan bermasalah

Masalah ini sering terjadi pada laptop Acer, Asus, Toshiba, Axio. Akan tetapi, merk lain pun mungkin saja bisa mengalami hal tersebut.

Cara Mengatasi Laptop Masuk Bios terus

Ketika laptop tiba-tiba masuk BIOS, maka kamu tidak bisa memakai laptop tersebut. Berikut ini akan dijelaskan mengenai solusinya.

Cara dibawah ini berlaku untuk jenis laptop yang tadi disebutkan dan juga merk lainnya. berikut adalah cara mengatasi laptop yang masuk ke BIOS terus, yaitu:

#1. Cek Pengaturan BIOS

Cara pertama adalah mengecek pengaturan BIOS laptop kamu. Seperti yang tadi sudah dijelaskan, pengaturan BIOS bisa menjadi faktor error tertentu muncul di laptop kamu.

Langkah yang pertama, tentu kamu harus masuk ke sistem BIOS terlebih dahulu. Lalu kamu bisa melakukan pengaturan di dalamnya. Dan akan lebih baik kamu atur menjadi default saja.

Pengaturan ini membutuhkan arahan dari yang sudah paham. Jika kamu tidak mengerti, kamu bisa menonton video tutorial berikut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Keluar Suara. Kalau kamu pengguna laptop dan ada masalah pada speaker, wajib tahu.

2. Setel Ulang CMOS

Cara kedua akan jauh lebih sulit dari cara pertama. Kamu harus bongkar laptop dahulu dan melepas baterai CMOS yang ada di laptop kamu, lalu pasang kembali setelah sekitar 20 detik.

Atur Ulang CMOS

Setelah itu, kamu bisa menyalakan kembali laptopnya. Secara otomatis nantinya semua pengaturan BIOS akan ada pada kondisi reset.

Jika tetap tidak berhasil, mungkin ada kesalahan hardware di laptop yang bermasalah tersebut.

3. Klik ESC dan Tahan hingga Restart

Cara ini jauh lebih mudah dari dua cara diatas. Kamu hanya perlu menekan tombol ESC pada keyboard laptop kamu.

Tekan Tombol ESC Sampai Restart

Tekan sesaat setelah laptop kamu dinyalakan dan tahan hingga proses Windows berhasil melakukan booting.

Namun, jika cara ini tidak behasil, kamu mungkin bisa membawa ke tempat service terdekat. Mungkin saja tombol di laptop kamu rusak sehingga menyebabkan masalah tersebut.

4. Cek HDD

Cara keempat adalah mengecek harddisk di laptop kamu. Jika kamu menyalakan laptop dan harddisk kamu tidak terbaca, maka umumnya akan muncul pesan ”No boot device”.

Cek Hard Disk

Tapi hal ini bisa juga membuat laptop menjadi langsung masuk BIOS. Untuk itu kamu perlu cek Harddisknya.

  1. Pastikan laptop dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan sumber listrik
  2. Selanjutnya kamu cukup buka cover harddisk dibagian bawah laptop
  3. Cek kabel-kabel yang terhubung pada harddisk dan pastikan semua terpasang dengan baik
  4. Cek juga jumper pada harddisk. Letaknya ada di sebelah port kabel data.
  5. Setelah semua dalam kondisi baik, nyalakan laptop kamu.

Dengan melakukan langkah diatas, seharusnya harddisk di laptop kamu sudah kembali normal dan bisa terbaca. Jika tidak, kamu bisa ikuti tutorial video di Youtube berikut.

5. Install Ulang Windows

Cara terakhir adalah install ulang Windows di laptop. Cara ini hanya berlaku jika kamu baru saja menginstall Windows di laptop kamu. Kemungkinan, OS tidak cocok dengan laptop kamu.

Install Ulang Windows

Kamu perlu mengecek spesifikasi laptop kamu sebelum install Windows. Pastikan install Windows sesuai dengan laptop kamu, apakah 32-bit atau 64-bit.

Selain itu, bisa saja OS Windows di laptop kamu mengalami corrupt. Ini dapat membuat laptop terus masuk bios dan tidak bisa load Windows.

Kesimpulan

Itulah cara yang bisa kamu lakukan jika mengalami masalah dengan laptop masuk terus ke sistem BIOS. Kamu bisa coba semua poin-poin di atas.

Alangkah baiknya kamu bisa mencegah ini dengan melakukan perawatan kecil seperti membersihkan bagian laptop dari debu terutama bagian keyboard. Bersihkan secara berkala.

Apa itu BIOS?

BIOS adalah layar untuk pengaturan laptop, tapi di luar sistem.

Kenapa Laptop Selalu Masuk BIOS?

Ada masalah pada sistem atau sebagian komponen laptop kamu. Tapi bisa diperbaiki kok.

Terima kasih kamu sudah membaca di Wantowle. Tinggalkan komentar atau hubungi kami via email jika ada pertanyaan.